Senin, 17 November 2008

Tutorial : Belajar DJ Yuuuk.. ( Part 2 )


Setelah sekian lama ga posting lanjutan tutorial DJ part 1 sekarang akan kembali kita bahas seluk-beluk dunia per-DJ-an hehe.. ok,.selanjutnya kita masuki bagian-bagian dari lagu yang diantaranya ada Intro, Reffrain dan Ending,. Intro,definisi dari Intro adalah awal dari sebuah lagu (bunyi-bunyian pertama pada saat kita memutar lagu), lalu ada Reffrain yang bisa juga disebut klimaks / puncak dari sebuah lagu dan biasanya selalu terjadi pengulangan pada bagian ini,. Dan Ending sesuai dengan namanya berarti akhir, disini berarti akhir dari sebuah lagu..
Selain dari bagian-bagian sebuah lagu ada juga yang disebut “Bar” yang merupakan pedoman ataupun satuan dalam teknik hitungan DJ,ada bermacam-macam pola atau hitungannya, sebagai contoh bunyi Duk dan Tak,. Ups tunggu dulu.. sekilas tentang Duk dan Tak tadi, Duk dan Tak dapat disebut Beat bunyi Duk dan Tak merupakan bagian dari sebuah komposisi musik baik lagu yang memiliki nada Duk Tak ataupun tidak berbunyi Duk Tak,bingung?? Gini, intinya Duk dan Tak tetap kita terapkan sebagai tempo dalam sebuah lagu walaupun lagu tersebut hanya suara vocal saja,. Oke lanjut lagi,. Kembali ke Teknik Hitungan Bar ada beberapa macam, aq coba kasih contoh teknik hitungan 1 Bar empat ketuk seperti ini : Duk Tak Duk Tak = 1 Bar yang berarti didalam 1 Bar terdapat 4 ketukan yakni Duk Tak Duk Tak tadi,. Gimana?? Ngerti kan??
Jadi kalo dalam Intro sebuah lagu ada 24 Bar berarti ada 24 x 4 ketuk = 96 ketuk didalamnya, begitu juga apabila ada 24 Bar pada Ending sebuah lagu berarti memiliki 96 ketuk pada bagian akhir lagu tersebut, dimana setelah dan sebelum bagian atau part Bar tersebut dapat dipastikan adalah bagian Reffrain yang merupakan sisi klimaks atau inti lagu tersebut..
Kita dapat menentukan mana yang dikatakan Intro berdasarkan bunyi Beat yang pertama yakni bunyi Duk, selanjutnya kita dapat mulai menghitung banyak jumlah Bar pada lagu tersebut dari awal hingga akhir untuk kemudian mencari dimana bagian Reffrain dan dimana bagian Ending, sebagai acuan kita ke tahap berikutnya yakni pengaturan tempo lagu atau sering disebut penyesuaian Pitch Control yang pasti akan aq jelaskan pada postingan berikutnya,. Hehe.. okeh..

Tidak ada komentar: